Kelebihan Aluminium Dibanding Kayu

Aluminium telah banyak digunakan sebagai material alternatif pengganti kayu. Walaupun ada beberapa pilihan material lainnya, aluminium dianggap sebagai material yang paling ideal karena daya tahannya yang cukup tinggi dan harganya yang lebih terjangkau.

Kayu cukup banyak digunakan dalam beberapa dekade terakhir. Karena jumlah pemakaiannya yang begitu besar dan tidak diiringi dengan peremajaan lingkungan, maka jumlah produksi kayu dengan kualitas yang baik semakin berkurang. Persediaan kayu yang semakin berkurang mengakibatkan harga kayu melonjak dan semakin tidak terjangkau. Walaupun ada beberapa alternatif jenis kayu yang lebih murah, namun kualitasnya masih jauh dari kayu beberapa tahun lalu. Penurunan kualitas ini mengakibatkan hasil produksi menjadi semakin rentan terhadap perubahan cuaca dan faktor lingkungan lain.

Di sinilah kebutuhan akan material pengganti kayu untuk kusen maupun partisi semakin meningkat. Aluminium, awalnya mulai digunakan dengan keterbatasan kualitas baik dari segi warna maupun ukurannya. Namun saat ini, kita bisa menemukan aluminium dengan berbagai pilihan warna dan ukuran secara mudah. Dengan semakin banyaknya produsen aluminium, material tersebut dapat kita peroleh dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain harganya yang terjangkau, berikut adalah beberapa keunggulan aluminium lainnya :
1. Bobotnya yang ringan bila dibandingkan dengan kayu, zinc, besi, dan sejenisnya. Oleh sebab itu, aluminium sangat populer digunakan pada industri otomotif dan pesawat.
2. Mudah diolah. Pemasangan dan pemotongannya dapat menggunakan peralatan kerja sederhana. Tidak memerlukan keahlian ataupun peralatan khusus.
3. Tahan terhadap korosi. Tidak berkarat seperti besi dan aman digunakan.
4. Tahan terhadap cuaca panas maupun dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *